SUMBAWA BESAR,  kanalntb.com – Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan yang dimiliki Kabupaten Sumbawa dari sektor kelautan dan perikanan. Jika tahun ini produksi rumput laut Sumbawa mencapai 500 ribu ton, maka Tahun 2018 mendatang  produksinya diperkirakan meningkat hingga mencapai 600 ribu ton.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan menjelaskan, rumput laut  merupakan salah satu dari tiga potensi unggulan bidang kelautan dan perikanan Sumbawa, selain komoditas udang dan ikan kerapu.

Mengembangkan sentra produksi rumput laut seperti di Tanjung Bele, Pulau Medang, Mapin dan daerah-daerah pesisir yang berbatasan dengan Sumbawa Barat. Kemudian di Sangor produksi tahun lalu mencapai 500 ribu ton basah dan tahun ini ditargetkan Tahun depan produksi mencapai 600 ribu ton basah.

Menurut Dirmawan, budi daya rumput laut banyak dikembangkan oleh masyarakat nelayan yang berada di pesisir pantai. Saat ini pihaknya sedang mengembangkan sentra-sentra produksi rumput laut. Melalui upaya-upaya yang dilakukan tersebut target yang ingin dicapai dapat terpenuhi.

Mutu dan kualitas rumput laut Sumbawa, jelas Dirmawan merupakan jenis ekspor, dimana
prosesnya dilaksanakan di dalam negeri hingga menjadi bahan setengah jadi untuk selanjutnya diekspor ke luar negeri.

“Jenis rumput laut yang dikembangkan adalah jenis Kotoni dan berkembang sangat bagus di Sumbawa,” tambahnya. (k9)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here