SUMBAWA BESAR, kanalntb.com -Pembangunan bidang pariwisata merupakan salah satu sektor yang akan dikembangkan di Kabupaten Sumbawa. Beragam atraksi dan pesona wisata kini secara massif dihelat di berbagai kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Langkah itu dilaksanakan dalam rangka mengeksplor potensi yang ada.

Pantai Labu Sawo merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena selain panoramanya yang indah, dari tempat ini bisa disaksikan tiga dimensi bentang dunia yakni Pulau Moyo, Gunung Tambora dan Gunung Rinjani.

Baca Juga : Pengembangan Lokasi Wisata Sumbawa Fokus Pada Lima Destinasi

Camat Moyo Utara, Tajuddin, S.Sos menjelaskan, potensi keindahan alam Labu Sawo yang dimiliki Moyo Utara ini haruslah dikembangkan. Karena tempat ini merupakan spot yang strategis,  dekat dengan pusat kota, kemudian ada potensi lain seperti lapangan pacuan kuda, jalan Samota dan berbagai pesona lain yang bisa disaksikan.

“Selain indahnya Pantai Labu Sawo dari tempat ini kita bisa menatap Pulau Moyo, melihat Tambora dan Gunung Rinjani dari kejauhan juga sunset dan sunrise yang sangat jelas dilihat dari posisi ini,” ujar Tajuddin.

Potensi lain yang tak kalah menariknya adalah kuliner khas Sumbawa yang bisa langsung dipesan pada masyarakat sekitar, karena disini juga ada potensi ikan.

Dijelaskan, menuju ke Pantai Labu Sawo tidaklah sulit, karena jalan sudah berhotmix. Jarak dari Kota Sumbawa Besar kurang lebih 8 KM dengan suguhan panorama alam yang sangat mempesona.

“Tinggal perlu pembenahannya terutama agar tebing-tebing pantai ini kita pasang tanggul penahan gelombang sepert yang ada di Pantai Jempol Sumbawa sehingga pengembangan wisata disini diharapkan semakin hebat,” harap Tajuddin.

Akses menuju ke Labu Sawo tidak hanya ditempuh melalui jalur darat saja, namun bisa melalui jalur laut dari Labuhan Sumbawa, kurang lebih 10 hingga 15 menit sudah sampai di tempat ini.

Baca Juga : Dermaga Sebotok Bernilai 8 M Mulai Dikerjakan, Kontraktor Optimis Proyek Selesai Tepat Waktu

Menurutnya, sebuah potensi jika tidak diperlihatkan atau diangkat ke permukaan maka itu tidak akan menjadi sebuah potensi yang baik, untuk mempromosikan tempat ini pemerintah telah mencoba mengangkatnya melalui kegiatan Festival Moyo Utara Festival MU) yang belum lama ini dilaksanakan, bisa dimana telah ditampilkan kegiatan adat istiadat yaitu “Sedekah Lit” yang merupakan tradisi masyarakat setempat sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas melimpahnya hasil laut.

Terkait pembangunan tebing pengaman pantai ini, kata Tajuddin,  Pemerintah Kabupaten melalui Wakil Bupati Sumbawa menyanggupi, bahwa tebing penahan gelombang ini akan dibangun Tahun 2018 mendatang.

“Tidak akan besar sebuah tempat atau spot wisata tanpa adanya ekpos yang dilaksanakan. Ini juga tidak lepas dari peran dan keterlibatan masyarakat untuk menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan agar tempat ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi,” tandasnya. (k6)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here