SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Peduli Reformasi (Gempur) meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera menghentikan dan menyelidiki penambangan material, yang ditenggarai dilakukan PT Sinar Bali di Sungai Rhee, Kabupaten Sumbawa.

Ketua LSM Gempur Hamzah kepada kanalntb.com memaparkan, penambangan itu cukup lama berjalan dan ilegal. Terhadap kondisi tersebut, Hamzah meminta sikap tegas Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan aparat kepolisian untuk segera menghentikan aktivitas perusahaan tersebut karena tidak mengantongi izin.

Baca Juga : Kajari: Penggalian di Sungai Rhee Harus Dihentikan

“Semestinya, ketika kegiatan diketahui ilegal, pemerintah harus segera mengambil tindakan tegas. Jangan justru membawa nama masyarakat untuk melegalkan kegiatan yang salah,” tandasnya.

Dia menambahkan, Pemkab Sumbawa jangan bersikap masa bodoh terhadap hal ini karena Sumbawa akan menerima dampak dari adanya aktivitas ilegal tersebut. Terlepas dari perizinan yang diterbitkan provinsi. “Jadi ada kepekaan dan kepedulian terhadap penambangan ilegal yang terjadi di Sungai Rhee,” ujarnya.

Hamzah juga berharap pihak kepolisian segera turun tangan dan menghentikan kegiatan, dengan memasang garis polisi pada alat berat yang beroperasi di sana. Juga memulai penyelidikan.

Baca Juga : Tak Miliki Izin, Balai ESDM Minta Penggalian Material di Sungai Rhee Dihentikan

“Balai ESDM Provinsi di Sumbawa seharusnya jangan hanya duduk di meja menerima permohonan usulan dan rekomendasi perizinan, mereka juga harus bertanggung jawab terhadap tambang ilegal di beberapa lokasi di Kabupaten Sumbawa ini,” tandasnya.

Dia juga berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk segera melakukan tindakan pencegahan. “Dinas LH juga punya tugas dan fungsi untuk melakukan upaya pencegahan terkait penambangan ilegal ini. Ketika mengetahui adanya pelanggaran, ya harus segera disikapi,” pungkasnya. (k9)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here