SUMBAWA BESAR, kanalntb.com–Kondisi ruang kelas yang tidak memadai, bangku reot, atap bocor, jendela kaca pecah diganti dengan palang kayu, WC kotor dan tak berfungsi, merupakan kesan pertama yang nampak saat kanalntb.com mengunjungi SDN Tanjung Bele. Belum lagi anak-anak yang nampak lusuh karena alasan tidak mandi akibat sulitnya mendapatkan air bersih di wilayah itu. Desa pesisir memang terkesan marginal dan jauh dari sentuhan pembangunan.

Mustafa, S Pdi, Kepala SDN Tanjung Bele Kecamatan Moyo Hilir mengaku bahwa sejak dibangun tahun 1981 sekolahnya itu belum sekalipun direnovasi. Bahkan satu ruang kelas kondisinya rusak parah dan memprihatinkan.

“Saat hujan murid-murid kami ungsikan ke kelas lain, karena atap bocor. Kami khawatir atap dan plafon roboh karena usia bangunan yang sudah tua,” ujar Pak Mus sapaan akrab Kasek SDN Tanjung Bele.

Dikatakan, selain kondisi ruang kelas yang rusak parah, bangunan WC dan rumah dinas sekolah sudah tidak layak digunakan, termasuk pagar sekolah yang diharapkan menjaga keamanan sekolah belum seluruhnya dibangun.

Terhadap kondisi ini, Mustafa mengaku sudah beberapa kali mengusulkan sekolahnya agar segera direnovasi namun tak membuahkan hasil.

“Sudah tiga kali kami mengusulkan tapi tak mendapat jawaban pasti,” kata Mustafa.

Ketua Komisi III DPRD Sumbawa, Rusli Manawari mengaku sangat menyesalkan kondisi ini. Seharusnya dinas terkait harus tanggap menyikapi hal ini.

“Bagaimana kita mampu mencetak generasi yang sehat dan cerdas kalau fasilitas pendidikannya saja tidak memadai. Dinas Dikbud harusnya peka menyikapi kondisi yang terjadi. Mau dikemanakan generasi bangsa ini,” kata Rusli.

Sebagai komisi tekhnis yang membidangi masalah pembangunan, Rusli meminta kepada dinas terkait agar lebih memprioritaskan pembangunan sekolah-sekolah yang sudah tidak layak, karena ukuran keberhasilan bidang pendidikan tidak hanya terfokus di perkotaan tetapi secara menyeluruh.

“Saya berharap hal ini lebih diperhatikan oleh dinas terkait, karena banyak generasi bangsa yang mendambakan pendidikan bermutu, salah satunya ditunjang  oleh tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai,” tandasnya.(k6)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here