MATARAM, kanalntb.com – Gempa bumi berkekuatan 5.0 Skala Richter guncang Pulau Bali.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 5.0 SR itu memiliki kedalaman 10 kilometer (km) terjadi pada, Kamis (9/11) pukul 04.54 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Gempa ini terjadi pada posisi 11 km Timur Laut Karangasem, 30 km Timur Laut Bangli, 40 km Timur Laut Gianyar, 60 km Timur Laut Denpasat, Bali dan 999 km Tenggara Jakarta.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Drs. Moch Riyadi mengatakan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan hasil laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Denpasar, Karangasem, Mataram dan Kuta.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault).

Hingga pukul 05.21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Karangasem agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
“Gempa ini tidak berpotensi terjadi gelombang tsunami,” tandasnya.(k1)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here