KSB, kanalntb.com – Delapan Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat secara serentak melaksanakan deklarasi pengentasan kemiskinan, Jum’at (10/11).

Dari pantuan kanalntb.com di Kecamatan Jereweh, deklarasi itu dilaksanakan dengan penandatanganan berita acara hasil verifikasi dan validasi data 4 (Empat) desa yang ada di kecamatan Jereweh oleh Camat setempat dan diikuti oleh para Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perwakilan masyarakat, agen PDPGR tingkat kecamatan dan koordinator pengentasan kemiskinan untuk Kecamatan Jereweh .

Dari berita acara, diketahui, data dasar yang digunakan dalam proses verifikasi dan validasi data adalah Basis Data Terpadu (BDT) Tahun 2015 yang diterbitkan Kementerian Sosial. Untuk kecamatan Jereweh, jumlah penduduk miskin yang tercatat dalam BDT itu sebanyak 100 KK dan 227 jiwa.

Deklarasi pengentasan kemiskinan di kecamatan Jereweh ini dipimpin camat setempat, Hasan, SE. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi (point 3 berita acara) jumlah penduduk miskin kecamatan tersebut sesuai kriteria/indikator yang ditetapkan Pemerintah Daerah.

Kriteria/indikator itu disusun berdasarkan kombinasi kriteria kemiskinan yang disempurnakan BPS Tahun 2011 dan Keputusan Menteri Sosial Nomoe : 46 /HUK/2013 tentang kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu.

Bupati Sumbawa Barat, DR. Ir. H. W. Musyafirin MM dalam sambutan yang diwakili Koordinator pendamping kabupaten Ir. H. Muslimin HMY mengapresiasi pelaksanaan deklarasi di sejumlah Kecamatan. Dan menyatakan apresiasinya atas kekompakan, semangat yang sama dan kesatuan gerak untuk memerangi kemiskinan.

Sementara Camat jereweh, Hasan SE, mengapresiasi pelaksanaan sejumlah program pengentasan kemiskinan melalui Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) .

“Dari proses validasi dan verifikasi data ini, hasilnya menunjukkan program PDPGR berkontribusi sangat positif untuk penurunan angka kemiskinan ,” ucapnya.

Setelah deklarasi seluruh kecamatan, rencananya akan dilaksanakan deklarasi tingkat kabupaten yang akan dipusatkan di kota Taliwang pada 23 November 2017. (k8)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here