MATARAM, kanalntb.com – Nama Lombok Internasional Airport diusulkan berganti nama menjadi bandara internasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau Maulanasyekh seiring rencana pemerintah yang akan memberinya gelar pahlawan nasional.

“Alangkah indahnya bila bandara di Lombok di sematkan juga dengan nama ZAM Internasional Airport yang diambil dari nama Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau sering kita dengar dengan sebutan Tuan Guru Pancor,” kata Anggota DPRD NTB Burhanudin Jaffar Salam di Mataram, Rabu (1/11).

Ia menuturkan, ide penamaan bandara di daerah-daerah lain pun banyak mengambil nama pahlawan nasional, seperti bandar udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Selanjutnya, bandar udara Juanda di Surabaya yang diambil dari nama Ir Raden Haji Juanda Kartawijaya.

Kemudian, di Provinsi Bali dengan nama bandar udara internasional I Gusti Ngurah Rai. Bandara Halim Perdanakusuma diambil dari nama Abdul Halim Perdanakusuma. Masih di Jakarta, bandar udara internasional Soekarno Hatta yang di ambil dari Soekarno dan Muhamad Hatta.

“Semuanya adalah pahlawan nasional yang diabadikan menjadi nama bandar udara, agar kita selalu mengingat jasa jasa para pahlawan kita,” ucap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Menurutnya, pemberian nama pahlawan nasional di bandar udara sebagai sebuah penghargaan karena jasa-jasanya semasa hidupnya.
“Nama Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau sering kita dengar dengan sebutan Tuan Guru Pancor keilmuan dan ketauladanannya menjadi panutan kita semua dan Insha Allah akan di nobatkan sebagai pahlawan nasional,” urainya.
Senada dengan Burhanudin Jaffar Salam, TGH Muammar Arafat pun mengaku setuju bandara Lombok yang saat ini bernama Lombok Internasional Airport berganti nama.

“Saya setuju, Maulanasyeikh International Air Port, ZAM International airport, atau apapun yang disematkan kepada nama TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.
“Tapi biar lebih elok bagaimana jika tunggu Gubernur berikutnya yang akan memberikan nama itu,” katanya.

Sebelumnya, dari informasi yang sudah beredar TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau lebih dikenal Maulanasyekh, masuk nominasi 5 tokoh pejuang nasional yang akan mendapat gelar pahlawan nasional yang akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah tanggal 10 November 2017 bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan. (k2)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here