MATARAM, kanalntb.com – Status pahlawan nasional yang diberikan kepada TGKH. Zainuddin Abdul Majid (almarhum) menarik simpati masyarakat luas. Tidak saja kalangan Nahdlatul Wathan yang gembira atas status pahlawan bagi tokoh NTB itu. Sejumlah aktivis serta tokoh muda di NTB pun turut bangga dengan pemberian gelar pahlawan nasional itu.

Kegembiraan itu diwujudkan dengan menggelar lomba desain poster pahlawan nasional TGKH. Zainuddin Abdul Majid berhadiah puluhan juta rupiah. Kegiatan itu diinisiasi oleh sejumlah aktivis dan tokoh muda di NTB. Menurut ketua panitia lomba disain poster Megawati Lestari, ide tersebut tercetus setelah berdiskusi dengan sejumlah aktivis dan tokoh muda NTB. “Ide ini merupakan wujud dari rasa bangga kami selaku masyarakat NTB,” ujar Megawati kepada wartawan di Mataram.
Menurutnya, tokoh sekaliber TGKH. Zainuddin Abdul Majid sangat pantas memperoleh gelar pahlawan nasional. Megawati yang juga Ketua Indonesia Publik Inisiatif (IPI) ini mengatakan jika selama ini Almagfurullah Maulana Syeikh kerap menjadi sumber inspirasi kaum muda di NTB.

Tidak hanya dikenal sebagai ulama kharismatik, TGKH. Zainuddin Abdul Majid juga dikenal sebagai politisi, pendidik, serta tokoh yang berjuang untuk kepentingan masyarakat NTB. “Saya bukan orang NW, tapi sangat mengharu biru begitu mengetahui Almagfurullah Maulana Syeikh TGKH. Zainuddin Abdul Majid sebagai pahlawan nasional,” paparnya bersemangat.

Terkait dengan itu, dia pun menggandeng politisi Udayana Nurdin Ranggabarani untuk merealisasikan idenya itu. Selanjutnya, Nurdin yang mengatasnamakan Yayasan Sumbawa Bangkit mendukung kegiatan tersebut.
Nurdin yang juga Wakil Ketua DPW PPP NTB itu mengatakan bahwa kegiatan itu penting untuk membangun kecintaan masyarakat terhadap Maulana Syeikh. Lomba desain poster itu juga memanfaatkan momentum hari Pahlawan 10 Nopember dan HUT NTB pada 17 Desember 2017. “Peserta lomba bersifat umum yakni pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. “Pesertanya merupakan perorangan yang boleh mengirim lebih dari satu desain poster,” ujar Nurdin.

Dikatakan, setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp 50 ribu kecuali yang tidak mampu. Pendaftaran lomba dimulai pada 10 Nopember hingga 7 desember. Selanjutnya akan diumumkan pada 17 Desember bertepatan dengan HUT NTB.
Desain poster nantinya dapat dihantarkan langsung atau dikirim ke alamat sekretariat panitia lomba desain poster Pahlawan Nasional TGKH. Zainuddin Abdul Majid. “Alamatnya di jalan Majapahit No. 60 Mataram atau dapatenghubungi nomor telpon 081286432257 atas nama Dharojatun,” kata Nurdin.

Desain yang dilombakan merupakan karya orisinil yang belum pernah dilombakan. Adapun sumber dasar desain poster adalah foto-foto pahlawan nasional TGKH. Zainuddin Abdul Majid. Karya tersebut bebas menggunakan teknik manual seperti lukisan tangan, pensil hitam putih, berwarna, cat air, dan lainnya.
Selain itu, bisa juga menggunakan media degital seperti freehand, ini design, Corel draw, Adobe Photoshop , Adobe illustrator, WPAP, WARP, dan lainnya. “Poster dibuat berukuran minimal 50 X 70 cm portrait atau landscape dan diberi bingkai karena akan dipamerkan” tandasnya. (k2)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here