SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Sebanyak 16 Desa di Kecamatan Moyo Hilir dan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa menandatangani kesepakatan tentang pengelolaan Dana Desa (DD). Penandatanganan kesepakatan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan dana desa di aula Kantor Camat Moyo Hilir.

Hadir sebagai pemateri, Kapolres Sumbawa, Kepala Kantor Pajak Pratama Sumbawa dan Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Sumbawa.

Camat Moyo Hilir, Amiruddin, SH mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan demi tertibnya administrasi dalam penggunaan dana desa. Karena menurut informasi Tahun 2018 alokasi dana desa akan ditingkatkan.

“Kami dari pihak Muspika (tim koordinasi) tingkat kecamatan melaksanakan pembinaan terhadap para kepala desa dan bhabinkamtibmas untuk mengawal sekaligus mengawasi anggaran dana desa. Agar dalam penggunaan dan pelaporannya benar-benar harus dipertanggungjawabkan, karena menurut informasi ada kenaikan alokasi dana desa di Tahun 2018,” ujar Amir.

Nota kesepakatan yang ditandatangani itu kata Camat, intinya berisi pernyataan sikap semua kepala desa di Kecamatan Moyo Hilir dan Moyo Utara, dimana Moyo Hilir ada 10 desa dan Moyo Utara ada 6 desa sehingga total ada 16 desa.

“Isi kesepakatan itu berupa pernyataan sikap kepala desa untuk sanggup melaksanakan dan menggunakan anggaran dana desa sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Apabila ada penyimpangan maka kepala desa itu siap dimejahijaukan,” jelasnya.

Sejauh ini, ungkapnya, meski baru sebulan menjabat sebagai Camat di Moyo Hilir belum ditemukan adanya bentuk penyimpangan atau hal-hal yang menyangkut penyalahgunaan ADD. Jika seandainya ada maka pihak kecamatan akan selalu proaktif melakukan pembinaan di masing-masing desa, sesuai dengan yang disampaikan atau dilaporkan oleh pihak desa.

“Sebagai contoh ketika nantinya ada satu kegiatan yang belum bisa diselesaikan oleh desa seperti pembuatan lampiran SPJ, pertanggung jawaban keuangan dan sebagainya, pihak kecamatan siap terjun ke lapangan untuk melakukan pembinaan,” ungkap Camat.

Ditambahkan, bentuk sosialisasi dan penandatanganan nota kesepakatan ini baru pertamakalinya dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. Dimana Kecamatan Moyo Hilir dan Moyo Utara adalah contoh (Pioner) dari seluruh desa yang ada di Sumbawa. Sehingga diharapkan semua desa melakukan hal yang sama. (k6)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here