MATARAM, kanalntb.com – Bakal calon Wakil Gubernur NTB DR. Hj. Sitti Rohmi Djalilah “galau”. Itu terkait pasangannya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 nanti. Kegalauan itu tersirat dari nada bicaranya ketika disinggung mengenai komunikasi Khairul Rizal suaminya dengan bakal calon Gubernur NTB H.M Ali Bin Dachlan.

Kakak kandung Gubernur TGB H.M Zainul Majdi itu berkilah jika komunikasi dengan Ali BD bisa berlangsung kapan saja mengingat Ali kini menjabat Bupati Lombok Timur. Termasuk komunikasi yang dibangun dengan semua bakal calon kada.
Menurutnya, komunikasi yang dilakukan Khairul Rizal merupakan hal biasa mengingat jabatannya sebagai Ketua DPRD Lombok Timur. “Kalau berkomunikasi dengan semua calon itu saya rasa biasa ya. Lagipula suami saya kan ketua DPRD Lombok Timur yang selalu berhubungan dengan eksekutif,” ujar Siti Rohmi tadi.

Dia membantah jika komunikasi itu hanya dibangun dengan Ali BD yang populer disebut Amaq Asrul itu. Bagi Rohmi, itu merupakan bahasa politis yang bisa diolah siapa saja. Justru pihaknya membangun komunikasi dengan banyak pihak sebagai bentuk pendidikan politik bagi masyarakat.

Sebagai tokoh dan panutan masyarakat, politisi santun itu berharap Pilkada serentak 2018 berlangsung damai dan partisipasi pemilih meningkat. Dia juga berkomitmen menggunakan pola politik santun sesuai jargon yang kerap disosialisasikan Partai Demokrat.

Terpisah, pengamat politik UIN Mataram Agus M.Si mendorong seluruh bakal calon kepala daerah untuk serius mendekati partai politik. Itu jika kandidat ingin maju pada Pilgub NTB 2018 melalui jalur partai. Baginya, momentum politik Pilkada bisa membuat partai politik bersikap seperti gadis cantik yang menunggu pinangan. “Saya kira masih  cukup waktu untuk melakukan komunikasi politik. Maka, semua bakal calon termasuk Rohmi harus lebih serius meminang dan meyakinkan partai. Saya melihat partai sekarang memiliki banyak pilihan, ada Ali BD, Putu Selly Andayani, Zulkieflimansyah, Zulkifli Muhadli, Lalu Rudi Irham Srigede, Farouk Muhammad, dan lainnya,” papar Agus.

Bakal calon Kada juga dinilai punya kewajiban moral untuk menyukseskan pesta politik di NTB. Dia juga setuju dengan konsep pemilu damai dan santun yang diterapkan oleh Sitti Rohmi Djalilah. (k3)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here