MATARAM, klikntb.com – Gaya kepemimpinan, kesederhanaan dan kinerja Presiden RI Ir Joko Widodo menginspirasi sejumlah pihak di Nusa Tenggara Barat membentuk wadah baru, yakni Kawan Jokowi.

Koordinator persiapan pembentukan Kawan Jokowi, H Lalu Winengan mengatakan pembentukan wadah atau lembaga ini terinspirasi oleh gaya yang ditampilkan Presiden. Lebih-lebih cara Jokowi kepada masyarakat.
“Kenapa secara pribadi saya tertarik dan suka dengan Jokowi akhir-akhir ini, bukan karena akan hadir di Munas (Musyawarah Nasional) dan Konbes (Konferensi Besar) NU, tapi gayanya itu yang saya suka,” katanya.

Ia menegaskan, meski pun bagi sebagian orang melihat Jokowi terlalu berlebihan dengan rakyat, tapi memang itulah kenyataannya. Bahwa, Jokowi, sosok yang sangat dekat dengan masyarakat dipimpinnya dan tidak berjarak.
Ia pun mencontohkan, bagaimana Presiden Jokowi saat berkunjung ke Yayasan Pondek Pesantren Qamarul Huda Bagu, Kamis (19/10) ada masyarakat yang ingin photo bersama Presiden tidak keberatan melayani, bahkan Jokowi seakan tidak ada jarak dengan masyarakat sekalipun dengan anak kecil.
“Ini figur yang dapat dikatakan sebagai figur pemersatu bangsa, yang tidak memilih dan tidak membeda-bedakan orang,” ujar Winengan.

Ia menjelaskan, dengan pembentukan “Kawan Jokowi” ini nantinya bertujuan mensosialisasikan program-program Presiden Joko Widodo ke tengah-tengah masyarakat. Karena ada program seperti dalam Nawa Cita yang tidak dipahami oleh masyarakat.
Meski demikian. Ia tak menepis jika nanti dalam perkembangan “Kawan Jokowi” juga akan dihajatkan bagi agenda suksesi mendukung Jokowi di Pemilu Presiden 2019.
“Semua itu sangat tergantung situasi dan dinamika politik yang ada,” jelas mantan Ketua KNPI NTB tersebut.

Sementara itu, bendahara pembentukan Kawan Jokowi, Abdul Majid, mengatakan bahwa pembentukan Kawan Jokowi ini akan dapat mengakselerasi program pemerintahan Jokowi dan kepentingan pembangunan di daerah.
“Ini bisa mengakselerasi program-program pusat dengan kepentingan pembangunan yang ada di NTB. Artinya, Kawan Jokowi ini ingin bergerak supaya bagaimana program Jokowi itu dapat diketahui di setiap masyarakat NTB,” terangnya.

Karena itu, kepengurusan maupun keanggotaan nantinya bersifat plural. Melibatkan semua elemen yang ada di NTB, lebih-lebih di sini telah mencerminkan ke-Bhineka-an.(k2)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here