SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Beberapa titik di perairan utara Kabupaten Sumbawa rawan terjadi aksi pengeboman ikan.

Titik-titik rawan tersebut berada di sekitar perairan Pulau Temudung, Pulau Panjang, dan Perairan Teluk Saleh.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan menjelaskan, dari hasil pemantauan yang dilakukan, pihaknya menemukan adanya titik-titik rawan aksi ilegal fishing (pengeboman ikan).

Terhadap temuan tersebut, kata Dirmawan, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut dan Polairud, sebab institusi itu mempunyai tugas dan kewenangan untuk melakukan pemantauan dan penindakan terhadap tindak pidana di perairan.

“Karena kewenangan pengawasan sekarang ada di Pemprov, namun sebagai perpanjangan tangan pemprov pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dislutkan Provinsi,” jelas Dirmawan.

Ditambahkan Dirmawan, ketika ditemukan adanya kejadian dan hal-hal yang mencurigakan pihaknya juga akan segera melaporkan untuk ditindaklanjuti. Bahkan kini telah tersedia aplikasi khusus mitigasi yang memiliki koneksitas langsung dengan polairud Polda NTB.

Selain itu, untuk menangani kasus yang terjadi juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) kerjasama Kejaksaan, Polairud, Dislutkan dalam rangka pencegahan pengeboman dan aksi ilegal fishing.

Ditambahkan, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke semua titik-titik yang dianggap rawan dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat kaitannya dengan ilegal fishing.(k6)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here