SUMBAWA BESAR, kanalntb.com –Pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumbawa akan difokuskan pada 5 destinasi dari 20 destinasi wisata yang ada. Dengan pola pengembangan yang fokus seperti ini diharapkan seluruh potensi yang ada secara bertahap dapat dieksplor sesuai potensi.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sumbawa, Ir H. Junaidi, MSi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai upaya seperti penguatan perencanaan pembangunan pariwisata, dengan melakukan revisi dokumen rencana induk pengembangan pariwisata. Sehingga diharapkan tahun 2018 mendatang sudah bisa diterbitkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda),

“Kita menyadari kemampuan dan keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah. Dengan adanya dokumen ini tentu akan menjadi pendukung usulan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, karena itu merupakan prasyarat untuk mendapatkan kucuran anggaran melalui DAK,” kata H Jun sapaan akrab Kadisporapar Sumbawa.

Dikatakan, dengan penguatan kelembagaan, penataan destinasi serta penguatan peran masyarakat hal itu akan menjadi daya dukung yang kuat dalam membangun pariwisata.

“Kalau selama ini mungkin kita tidak melibatkan kelembagaan pariwisata, maka sejak tahun ini kita akan dorong peran kelembagaan di tengah masyarakat agar ikut andil dalam pengembangan pariwisata di daerah,” ujar H Jun.

Ditambahkan, promosi merupakan  salah satu metode dalam rangka mendorong peningkatan investasi di bidang pariwisata. Karenanya promosi yang dilakukan tidak hanya menyangkut destinasi saja, namun juga atraksi. Keduanya harus saling mendukung, namun destinasi harus lebih dominan.

Beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa antara lain, Pantai Saliper Ate (Labuhan Badas), air terjun Agal (Alas), Semongkat (Batulanteh), Teluk Saleh, Ai Beling (Moyo Hulu), Liang Petang (Moyo Hulu) dan beberapa destinasi lainnya.

 “Begitu disepakati destinasi yang ditetapkan maka pembangunan pariwisata tidak hanya bersifat sektoral, tetapi harus terintegrasi dan dikaitkan dengan sektor lain, seperti dengan Dinas PU, Perhubungan, Lingkungan Hidup dan beberapa dinas lainnya,” tandasnya.(k6)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here