MATARAM, kanalntb.com – Musyawarah Daerah ketiga Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) wilayah NTB tinggal menghitung hari. Kesiapan penyelenggaraan semakin dimantapkan oleh Panitia Musda yang dibentuk melalui forum. Meski begitu, banyak pihak menyebutkan jika kegiatan Musda tahun ini hanya akan sebatas seremonial belaka, karena diprediksi akan krisis calon yang maju memperebutkan posisi ketua seperti tahun sebelumnya.

Beberapa orang anggota yang dianggap berkompeten dan tercium akan mencalonkan diri, justru melempar bola kontestasi itu kepada anggota lain. Alasannya, untuk meregenerasi sekaligus memberikan kesempatan pada para pewarta televisi yang lebih mumpuni di dunia keorganisasian, untuk maju sebagai leader berikutnya.

“Saya tidak, tidak, tidak akan maju. Cukup masa saya saat ini saja, kita berikan kesempatan pada yang muda atau yang lebih berkompeten dari saya,” ucap Lalu Rahmat Junadi Kontributor Trans Corp yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua IJTI NTB pada Rabu (25/10).

Rahmat justru menyebutkan jika Ketua atau Sekjen IJTI NTB saat ini lebih berpeluang untuk kembali terpilih. Dikarenakan eksistensinya yang telah membangun kembali IJTI di NTB, setelah pada periode sebelumnya sempat dinyatakan fakum. Namun menurutnya jika Herman Zuhdi (Ketua IJTI NTB) tidak bersedia maju, maka Riadis Sulhi (Sekjen IJTI NTB) seharusnya memiliki itikad baik untuk maju sebagai Ketua. “Karena ini untuk masa depan IJTI NTB. Kalau bukan dia (Riadi) lalu siapa lagi??,” cetusnya.

Selain kedua pasangan petahana tersebut, Rahmat juga menyebut nama Lalu Muhar Sabdi Lombok Post TV memiliki jiwa pemimpin. Utamanya dalam hal mengelola sebuah organisasi. Terlepas dari itu, hadirnya Lalu Hassanudin (ex Metro TV) didunia jurnalis televisi NTB juga menurutnya, akan menambah ramai bursa pencalonan pada Musda III IJTI NTB November 2017 mendatang.

“Cocok juga Sabdi ini sebagai Ketua berikutnya, karena cukup berpengalaman dalam hal keorganisasian. Dan ada Miq Hassan juga yang sekarang balik lagi menggeluti dunia Broadcast, dia kan sekarang di Get! TV jadi Pimred, pastinya sangat pantas untuk mencalonkan diri atau bisa saja dicalonkan oleh anggota,” katanya.

Kendati demikian menurut pria yang memegang kendali daerah untuk beberapa televisi nasional ini. Keputusan siapa yang layak menjadi Ketua IJTI NTB periode berikutnya, merupakan pilihan dan hak mutlak dari para anggota. Meski saat ini para calon – calon yang dianggapnya berpotensi tersebut belum menunjukkan diri untuk tampil dalam bursa pencalonan pada Musda esok. “Perkara siapa yang menjadi Ketua IJTI NTB nanti itu haruslah menjadi pilihan terbaik dari para anggota. Karena pada dasarnya yang kita inginkan adalah memilih yang terbaik dari para orang terbaik di IJTI NTB. Kalau seperti saya ini cukup sebagai pemantau aja, namun tetap akan mensuport segala perkembangan organisasi,” pungkas Rahmat.

Pandangan Rahmat tersebut sejalan juga dengan harapan para anggota yang ingin IJTI NTB kedepannya lebih terorganisir dalam satu wadah organisasi. Dimana jika berkaca pada periode saat ini, banyak para video jurnalis yang kini merasakan keberadaan IJTI NTB dengan terlaksananya beberapa agenda kegiatan tahunan.

Sementara itu Riadis Sulhi ketika ditanya terkait dengan pencalonan, masih enggan untuk berkomentar banyak. Ia justru mengatakan jika dirinya lebih setuju jika para generasi muda kalangan anggota baru, memiliki geliat untuk membangun IJTI NTB kearah yang lebih baik. “Kita beri kesempatan pada yang muda, yang juga memiliki tekad membangun IJTI. Mungkin sekarang mereka belum terlihat. Dari Selaparang TV Lombok Timur ada, atau di pulau seberang juga ada nantinya potensi – potensi itu. Seperti Adhar Pangeran misalnya,” katanya singkat.

Musda ketiga IJTI NTB yang dirangkaikan dengan Seminar Daerah dan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ), rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 November 2017 mendatang. Musda itu pasalnya akan dibuka langsung oleh Ketua IJTI Pusat dan akan dihadiri oleh Gubernur NTB serta Pejabat lintas sektoral.(k7)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here