KSB, kanalntb.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat akan menganggarkan sebanyak 60-80 ton bibit rumput laut untuk petani rumput laut Kertasari dan Poto Tano permusim Tanam.

Kepada kanalntb.com Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Muhammad Arifin, Jum’at (20/10), di ruang kerjanya mengatakan bahwa pada tahun ini petani agak kesulitan mencari bibit rumput laut maka pihaknya akan memplotkan khusus untuk para petani rumput laut. “Kita akan berikan khusus kepada mereka tahun ini,” ujar Arifin.

Dia menerangkan apabila petani ini serius pihaknya juga akan membina empat kelompok dengan bantuan di tahun 2017 ini dan apabila ini berhasil nanti akan ada pengembangan untuk yang petani lain.

Dia menambahkan bahwa pihaknya sekarang sedang melakukan pembagian bibit ikan, benur, pakan, mujair dan nila serta tempat untuk ikan dibagi ke beberapa kelompok yang sudah mendaftar.

Dia mengatakan bahwa saat ini ada bantuan pola baru dengan diberikan bantuan kolam terpal lengkap dengan rangkanya untuk budidaya ikan lele. Dan untuk saat ini baru dimulai pola baru ini di Meraran dan Batu Bele.

Ia juga akan mengupayakan pola baru ini diberikan ke semua desa dengan tahap awal satu desa.
Pada tahap awal ini akan diberikan untuk 20 kelompok. Pola baru ini bisa ditempatkan di halaman rumah warga sehingga kedepan akan bisa dipelihara dengan baik.(k4)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here