SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Guna mempercepat pembangunan dan pengembangan bidang pariwisata di Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendorong terbentuknya lembaga kepariwisataan.

Terbentuknya lembaga tersebut, nantinya akan bermitra dengan pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata, baik dari sisi destinasi maupun atraksi budaya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan  Pariwisata (Dispora par) Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, MSi kepada kanalntb.com.

Jika seluruh lembaga kepariwisataan itu sudah terbentuk, kata H. Jun sapaan akrab Kadisporapar Sumbawa ini maka dinasnya memiliki perpanjangan tangan dalam hal promosi dan mengeksplor seluruh potensi pariwisata yang ada di kabupaten Sumbawa.

Beberapa lembaga tersebut antara lain Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD),  Gabungan Industri Pariwisata (GIP), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita), Persatuan Pengusaha Hotel dan Restauran (PHRI) dan Himpunan Pramu Wisata. Ini yang harus segera dibentuk.

“Sekarang ini kami sedang memproses dan mengusulkan  dari upaya pembentukan Asita, PHRI, dan lembaga pariwista lainnya. Setelah ini selesai baru akan disusun formatur BPPD. Karena dalam keanggotaan BPPD harus ada keterwakilan dari tiga lembaga pariwisata tersebut,” jelas Junaidi.

Kelembagaan pariwisata itu nantinya, kata Junaidi akan menjadi mitra pemerintah daerah untuk melakukan upaya promosi dan pembenahan pariwisata.

“Kalau selama ini cenderung Pemda yang memprimosikan, maka kedepan akan berjalan seiring dengan BPPD,” ujarnya.

Terkait pembentukan kelembagaan ini, tambah Junaidi, Dinas hanya sebatas  memfasilitasi, sedang pengesahannya akan dilaksanakan oleh organisasi setingkat di atasnya.

“Bukan ranah kita untuk mengesahkan tetapi oleh kelembagaan di atasnya yakni di tingkat provinsi,” pungkasnya.(k6)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here