MATARAM, kanalntb.com – Keperihatinan terhadap kondisi sungai yang ada di kota Mataram mendorong kumpulan anak anak muda ini berkumpul dalam wadah Forkomen (Forum Kokoq Mentaram).
Salah satu kegiatan awal mereka lakukan pada Minggu (29/10) adalah menggelar kampanye bersih sungai dengan tajuk Forkomen Carnaval 2017 dengan kegiatan bersifat menghibur yakni mancing bersama dan makan tahu bersama.
Ketua sekaligus penggagas Forkomen, H Syahrial Azmi, kepada kanalntb.com mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk peduli kepada keadaan sungai minimal dengan tidak membuang sampah di sungai.

“Sambil mancing dan makan tahu dalam kegiatan tersebut kita ingatkan mereka untuk sama sama memahami pentingnya air sungai yang bersih dan jauh dari kotoran sampah,” ujarnya.

Kegiatan kegiatan seperti ini, kata Syahrial, akan terus dilakukan Forkoment sampai sungai sungai yang ada di kota Mataram bebas dari sampah.
Langkah Forkoment ini, lanjut Syahrial tentu tak lepas dari dukungan pemerintah kota Mataram dalam hal ini Forkomen didukung penuh Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana sebagai pembina.

Sebagai kegiatan lanjutan Forkoment akan gelar beberapa kegiatan di beberapa titik sungai yang ada di kota Mataram. Diharapkan kegiatan Forkomen akan lebih semarak dengan dukungan partisipasi aktif masyarakat khususnya warga di sekitar sungai. Dan tentunya dukungan pemerintah kota Mataram. “Mari kita jaga bersama sama alam sekitar kita khususnya sungai di sekitar kita dengan gerakan
bersih-bersih dengan tidak merusak dan membuang kotoran sampah,” ajaknya.

Sejatinya Forkomen adalah kumpulan pemuda yang memiliki kegiatan dan sebelumnya telah dilakukan juga oleh Kelompok Peduli Sungai (KPS). Orang orang yang ada di KPS adalah sebagian besar juga yang mengendalikan Forkoment. Keberadaan KPS sudah banyak menelurkan aktifitas yang merangsang warga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat cinta kepada sungai dengan menjaganya dari kotoran sehingga terhindar dari bencana alam akibat kelalaian sendiri. Adapun kegiatan kegiatan yang pernah dilaksanakan diantaranya Gerakan memulung sampah di sungai, aktifitas mural di dinding sungai, mewarnai, menggambar untuk anak anak, dan pemeriksaan kesehatan gratis.(k5)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here