KSB, kanalntb.com – Berakhir sudah masa pendaftaran partai politik ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten/kota.

Dari 18 partai yang mendaftar, terdapat enam partai baru terlebih mereka bersiap untuk meretas dominasi 12 partai besar yang ‘langganan’ menempatkan kadernya di kursi parlemen.

Enam partai tersebut ialah, Partai Perindo – besutan Harry Tanoesudibyo, Partai Idaman, PSI, Partai Garuda, Partai Berkarya dan Partai Parsindo.

“18 partai itu, semua dokumenya sudah kami terima. Meski sebelumnya ada partai yang sempat dikembalikan berkasnya,” ungkap Aliyatullah SH., MH selaku anggota komisioner KPU setempat pada wartawan, Selasa (23/10).

Dikatakan Aliya, bagi enam partai baru ini selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual terkait sekretariat dan juga keberadaan dari anggota partai atau kader. Di KSB ini, sambungnya, harus ada mininal 135 orang kader tersebar minimal di empat kecamatan sebagai syarat jika ingin membawa partai baru.

Lanjut Aliya, pada saat verifikasi faktual itu akan kita gunakan sampel acak sederhana. Nanti diambil 10 persen dari Kartu Tanda Anggota (KTA) yang mereka bawa. Misalnya KTA ada 1000, maka akan diambil 10 persen dari itu yang akan kita verifikasi faktual.

Disinggung mengenai kemungkinan akan adanya partai yang gugur setelah verifikasi faktual, ia menjawab, kita tunggu saja hasil verifikasinya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Yang jelas, tegasnya kembali, setelah ini akan dilakukan verifikasi administrasi dulu. Misalnya, ada yang tidak cocok KTA dengan E-KTPnya.

“Ada masa perbaikan untuk parpol,” ujarnya singkat.

Ia menambahkan, KPUD KSB sudah memiliki rowndown kegiatan. Ketika semua tahapan selesai, pihaknya pasti mengumumkan pada publik partai mana saja yang gugur dan lolos serta menjadi kontestan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

“Tahapan demi tahapan sudah terjadwalkan semua. KPU akan bekerja cepat agar publik mengetahui partai mana saja yang berhak ikut pada Pileg,” ungkap Aliyah.(k4)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here