193 Warga Binaan Rutan Selong Dapat Remisi, 6 Langsung Bebas
FOTO: Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat pemberian remisi kepada warga binaan rutan Lotim.

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Sebanyak 193 warga binaan Rutan kelas IIB Selong Lombok Timur mendapat remisi. Acara pemberian remisi dilaksanakan pada upacara dengan Inspektur upacara Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy. Upacara berlangsung pada peringatan hari kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (17/08) di Rumah Tahanan Kelas IIB Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan Bupati Sukiman, bahwa kondisi Lapas/Rutan mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kondisi Lapas/Rutan yang kelebihan penghuni di atas 100% saat ini diakuinya kerap menjadi sumber permasalahan, bahkan terkadang menjadi alasan pembenar terhadap terjadinya penyimpangan-penyimpangan di Lapas/Rutan.

“Pemerintah telah mengambil langkah-langkah dan upaya pambenahan melalui program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. Ditekankannya, revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan ini harus mampu menyentuh berbagai program pembinaan sehingga dapat mengantarkan warga binaan menjadi manusia yang berkualitas, terampil, dan mandiri,”

Menurut Menkumham, sambungnya, persoalan kelebihan isi penghuni ini harusnya dapat dilihat dari sisi berbeda. Warga binaan Pemasyarakalan di Lapas/Rutan saat ini adalah sumber daya manusia yang masih terabaikan. Kelabihan isi penghuni menunjukan Lapas/Rutan sebenarnya memiliki aset dan potensi yang luar biasa untuk mendukung berjalannya kegiatan yang bersifat massal, seperti kegiatan ekonomi kreatif.

Pada intinya disampaikan bahwa kondisi kelebihan isi penghuni tidak boleh lagi dipandang scbagai kelemahan atau sumber segala permasalahan di Lapas/Rutan, tetapi harus dikelola dan dimanfaatkan menjadi kekuatan tersendiri.

Sementara itu Kepala Rutan Lombok Timur, Arya Galung, menyampaikan, pemberian remisi berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. : PAS.984.PK.01.01.02 TAHUN 2019, tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2019.

Baca Juga:

“Dari193 orang tersebut yang mendapat remisi pidana umum RU I sebannyak 169 orang, RU II 6 orang (langsung bebas), dan remisi pidana khusus narkotika 20 orang,” jelasnya.

(dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here